Jumat, 19 Oktober 2012

Indonesia Peringkat Keempat Pengguna Internet di Asia

Indonesia Peringkat Keempat Pengguna Internet di Asia
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA--Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Sudaryatmo mengungkap, Indonesia kini menduduki peringkat ke-4 sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak di Asia.
Berdasakan data statistik, jumlah pengguna internet di Indonesi kini sudah mencapai sekitar 55 juta orang. Angka ini, katanya, mengalami peningkatan sebesar 30,9 persen bila dibanding tahun lalu.
"Indonesia menduduki peringkat ke-4," ungkapnya, dalam Focussed Grup Discussion (FGD) tentang e-commerce, di kantor Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Jakarta, Kamis (11/10/2012).
Sebagai informasi, peringkat pertama adalah Cina sebanyak 513 juta, India adalah 121 juta pengguna, dan Jepang sebanyak 101 juta.
Karena itu, dia tegaskan, tak dipungkiri ragam persoalan pun mencuat akibat lemahnya posisi dalam transaksi e-commerce. Ditambah lagi, dengan ketidak-tahuan konsumen kemana harus mengadu saat ada masalah.
Tingginya pengguna internet di Indonesia yang diiringi dengan peningkatan volume transaksi yang semakin pesat pula melalui media ini.
Menurutnya tidak tertutup kemungkinan berpotensi menimbulkan permasalahan yang merugikan konsumen. Yakni antara lain, berkaitan keamanan transaksi, mulai dari ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan, ketidak-tepatan waktu pengiriman dan ketidak-amanan transaksi.
Beberapa alternatif solusi sebagai upaya perlindungan konsumen e-commerce pun diutarakan Sudaryatmo, yakni,
1. Pengaturan regulasi oleh pemerintah,
2. Self regulation oleh pelaku usaha belanja online,
3. Consumer education, dan
4. Pendekatan teknologi dalam bentuk pengamanan data konsumen (privacy statement/policy).


disalin & ditempel oleh : wisdeni sumber


0 komentar:

Posting Komentar

 

IKATAN WIDYAISWARA INDONESIA Copyright © 2011 -- Template created by I W I -- Powered by Blogger