Minggu, 21 Oktober 2012

Tunjangan Sertifikasi Belum Cair, Ribuan Guru Cianjur Resah

Home

CIANJUR, (PRLM).- Sebanyak 5.036 guru di Kabupaten Cianjur yang telah lulus sertifikasi resah akibat belum dicairkannya tunjangan sertifikasi untuk lima bulan terakhir yaitu bulan Juni hingga September 2012 oleh Pemkab Cianjur.
Padahal dana sertifikasi untuk guru tersebut telah dikirim oleh pemerintah pusat ke rekening kas daerah. “Kami memang merasa resah karena tujangan sertifikasi yang kami tunggu sejak bulan Juni tidak kunjung cair hingga kini. Apalagi kami mendapat kabar diluaran yang menyebutkan uang sertifikasi bagi guru telah dikirim oleh pemerintah pusat," tutur Wawan salah seorang guru penerima tunjangan serifikasi kepada "PRLM", Minggu (14/10/12).
Wawan mengatakan ia dan rekan-rekan guru lainnya merasa kecewa dengan sikap dinas pendidikan yang terkesan tidak peduli dan tidak proaktif dengan kondisi yang dialami oleh ribuan guru yang menunggu kepastian kapan tunjangan sertifikasi akan mereka terima.
"Kami tidak tahu apa penyebab hingga kini dana sertifikasi tersebut tidak kunjung cair. Saat beberapa rekan guru lainnya menanyakan, dana memang sudah ada di kas daerah namun dari pihak Disdik Cianjur menyatakan memang belum cair dan katanya masih dalam proses," ucapnya.
Meskipun demikian, kata Wawan, proses pencairan dinilai terlambat dan bertele-tele. pasalnya, sudah lima bulan ini dana tunjangan sertifikasi mengendap di kas daerah.
Sementara itu, Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Budi Rahayu toyib saat dikonfirmasi "PRLM" mengatakan dana sertifikasi guru untuk bulan Juni sampai Agustus telah masuk ke rekening kas umum daerah pada bulan September lalu.
Namun, katabudi, pihaknya tidak bisa mencairkan dana tersebut karena berkas pencairan belumnya diajukan oleh pihak disdik. Pada bulan September lalu dana sertifikasi untuk guru telah dikirim oleh pemerintah pusat ke kas umum daerah sebesar sekitar Rp 57 miliar.
"Dana tersebut masih ada di RKUD dan tidak bisa dicairkan karena pihak dinas pendidikan sampai hari ini belum juga mengajukan permohonan pencaiaran,” katanya.
Sedangkan, Kepala Subagian Keuangan dan Perlengkapan Dinas Pedidikan Kabupaten Cianjur, Euis jamilah mengakui kalau pihaknya belum mengajukan permohonan pencairan dana tunjangan sertifikasi guru untuk triwulan III ke Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD).
“Saat ini berkas pengajuan pencairan dana sertifikasi guru tengah diproses dan dalam waktu dekat akan diajukan ke DPKAD. Kami belum mengajukan karena perlu waktu mempesiapkan berkas-berkas penunjang dan perlu ditandatangani oleh beberapa pejabat di dinas pendidikan,” tuturnya.




disalin & ditempel oleh : wisdeni sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 

IKATAN WIDYAISWARA INDONESIA Copyright © 2011 -- Template created by I W I -- Powered by Blogger